skip to Main Content
Neliti website       This is an archived version of the old Neliti website. For the new website, please visit www.neliti.com

The analiysis of several influencing factors to the woman’s income (mother of household) in poor families from Sesetan village, South Denpasar subdistrict, Denpasar City

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kontribusi pendapatan perempuan terhadap pendapatan total keluarga pada keluarga miskin, 2) pengaruh faktor umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, jam kerja dan modal secara simultan terhadap pendapatan perempuan pada keluarga miskin, 3) pengaruh faktor umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, jam kerja dan modal secara parsial terhadap pendapatan perempuan pada keluarga miskin, 4) faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan perempuan pada keluarga miskin. Penelitian dilakukan di Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar dengan mengambil 83 responden berdasarkan metode acak diklasifikasi.

Hasil regresi majemuk menunjukkan bahwa: 1) kontribusi pendapatan perempuan terhadap pendapatan total keluarga pada keluarga miskin di Kelurahan Sesetan sebesar 43,25 persen, 2) Faktor umur, tingkat pendidikan, jam kerja, jumlah tanggungan keluarga dan modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan perempuan pada keluarga miskin di Kelurahan Sesetan. Faktor jam kerja dan modal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pendapatan perempuan pada keluarga miskin. Sedangkan factor umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan perempuan pada keluarga miskin di Kelurahan Sesetan. Faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan perempuan pada pendapatan keluarga miskin di Kelurahan Sesetan adalah jam kerja.

Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah dalam upaya mengembangkan potensi sumber daya perempuan diperlukan pelatihan-pelatihan yang dapat mengembangkan ketrampilan perempuan, pemerintah maupun lembaga keuangan tetap memberikan bantuan modal kepada keluarga miskin.

Download Full Text

Leave a Reply

Back To Top